Saturday, April 22, 2017

Tugas 2 Riset Operasi : Metode Antrian

METODE ANTRIAN

Antrian timbul disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan (kapasitas) pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga pengguna fasilitas yang tiba tidak bisa segera mendapatkan layanan disebabkan kesibukan layanan. Dalam hal mengantri, waktu merupakan komponen / aspek yang sangat penting dan berharga, oleh karena itu sedapat mungkin sistem yang ada dapat mereduksi penggunaan waktu yang berlebihan, sehingga tercapainya ke-efektifan dan ke-efisienan dalam hal penggunaan waktu tersebut. Adapun beberapa disiplin antrian sebagai berikut :
  • First Come First Served (FCFS) atau First In First Out (FIFO) artinya, lebih dulu datang (sampai), lebih dulu dilayani (keluar).
  • Last Come First Served (LCFS) atau Last In First Out (LIFO) artinya, yang tiba terakhir yang lebih dulu keluar.
  • Service In Random Order (SIRO) artinya, panggilan didasarkan pada peluang secara random, tidak soal siapa yang lebih dulu tiba.
  • Priority Service (PS) artinya, prioritas pelayanan diberikan kepada pelanggan yang mempunyai prioritas lebih tinggi dibandingkan dengan pelanggan yang mempunyai prioritas lebih rendah.

Metode Antrian

Beberapa metode antrian diantaranya :
A. Satu Saluran Banyak Tahap
Sistem Multi Channel – Single Phase terjadi kapan saja di mana ada dua atau lebih fasilitas pelayanan dialiri oleh antrian tunggal. Contoh kasus ini terjadi pada antrian cuci steam mobil dengan alat otomatis. Dimana mobil harus mengantri dalam satu antrian tunggal untuk melewati beberapa tahapan pencucian otomatis yang ada.

B. Banyak Saluran Banyak Tahap
Sistem ini terjadi jika ada dua atau lebih fasilitas pelayanan dengan pelayanannya lebih dari satu phase. Setiap sistem-sistem ini mempunyai beberapa fasilitas pelayanan pada setiap tahap, sehingga lebih dari satu individu dapat dilayani pada suatu waktu.
Contoh kasus ini terjadi pada antrian loket pembuatan SIM yang mempunyai banyak loket dan tahapan. Setiap pelanggan yang ingin membuat SIM pertama-tama harus mendaftarkan diri pada loket dan kemudian mengikuti beberapa prosedur tahapan yang berlaku sebelum akhirnya mendapatkan SIM.

Rumus Perhitungan Antrian

1) Probabilitas tidak ada pelanggan yang menunggu

Dimana :
Po = Probabilitas tidak ada pelanggan yang menunggu
m  = Banyaknya jalur antrian
λ   = jumlah kedatangan rata-rata per satuan waktu
µ   = jumlah rata-rata yang dilayani per satuan waktu pada setiap jalur

2) Probabilitas N pelanggan yang menunggu

Dimana :
Pn = Probabilitas n pelanggan yang menunggu
s    = Banyaknya server dalam satu jalur
λ   = Jumlah kedatangan rata-rata per satuan waktu
µ   = Jumlah rata-rata yang dilayani per satuan waktu pada setiap jalur


3) Jumlah rata-rata pelanggan dalam antrian (Waktu tunggu)

Dimana :
Lq = Jumlah rata-rata pelanggan dalam antrian
s    = Banyaknya server dalam satu jalur
λ    = Jumlah kedatangan rata-rata per satuan waktu
µ   = Jumlah rata-rata yang dilayani per satuan waktu pada setiap jalur
r    = Utilisasi server = l/s.m




Source :

0 comments:

Post a Comment