MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR
“PERANAN SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN DALAM MENGURANGI JUMLAH KEMISKINAN”
DISUSUN OLEH :
MUHAMMAD ABI ANDARA
NPM : 14315449
KELAS 1TA07
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN
JURUSAN TEKNIK SIPIL
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
KATA PENGANTAR
Berkat rahmat dan hidayah dari Allah SWT maka sampai saat ini penulis masih diberikan kesempatan dalam menyusun makalah tugas ilmu budaya dasar ini. Semoga Allah SWT akan senantiasa memberikan kemudahan disetiap kegiatan yang kita lakukan.
Makalah ini disusun atas tugas dari matakuliah softskill ilmu budaya dasar. Perlu diketahui penulis memasuki dunia perkuliahan di Universitas Gunadarma fakultas teknik sipil dan perencanaan jurusan teknik sipil. Yang mana baru memasuki tahapan semester pertama dan berkampus di Depok.
Akhir kata penulis berharap agar tugas makalah ini dapat menjadi salah satu sumber informasi dan dapat membantu penulis dalam menyelesaikan tugas ke-empat matakuliah ilmu sosial dasar.
JAKARTA, 10 JANUARI 2016
PENULIS
Di Indonesia sendiri masih banyak keluarga-keluarga yang tidak memperhatikan pendidikan anak-anaknya, sehingga banyak anak-anak kecil yang sudah dipekerjakan oleh orang tuanya untuk mencukupi ekonomi keluarga. Ini merupakan contoh yang salah, dijaman saat ini kebutuhan pendidikan merupakan hal yang terpenting. Dimana jika seseorang memiliki pendidikan dan pengetahuan teknologi yang baik akan dapat mendapatkan pekerjaan dan membantu prekonomian dari keluarganya kelak. Perlunya wadah lembaga maupun peranan sosial yang dapat memberikan pengajaran dan pelatihan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi ini lah yang dibutuhkan masyarakat Indonesia saat ini.
BAB II
BAB III
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Di zaman saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi sudah sangat pesat. Berbagai hal saat ini harus didasari oleh data-data yang akurat dengan bantuan teknologi-teknologi yang modern. Hal ini berdampak pula pada sektor pekerjaan yang mana saat ini sangat mencari orang-orang dengan pengetahuan tinggi dan penguasaan teknologi.
Namun sangat disayangkan diera dimana pendidikan, pengetahuan dan teknologi saat ini sangat-sangat gemparnya ada beberapa orang yang kurang mempedulikan hal-hal itu dan masih tetap berpedoman pada prinsip-prinsip lama.
Namun sangat disayangkan diera dimana pendidikan, pengetahuan dan teknologi saat ini sangat-sangat gemparnya ada beberapa orang yang kurang mempedulikan hal-hal itu dan masih tetap berpedoman pada prinsip-prinsip lama.
Di Indonesia sendiri masih banyak keluarga-keluarga yang tidak memperhatikan pendidikan anak-anaknya, sehingga banyak anak-anak kecil yang sudah dipekerjakan oleh orang tuanya untuk mencukupi ekonomi keluarga. Ini merupakan contoh yang salah, dijaman saat ini kebutuhan pendidikan merupakan hal yang terpenting. Dimana jika seseorang memiliki pendidikan dan pengetahuan teknologi yang baik akan dapat mendapatkan pekerjaan dan membantu prekonomian dari keluarganya kelak. Perlunya wadah lembaga maupun peranan sosial yang dapat memberikan pengajaran dan pelatihan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi ini lah yang dibutuhkan masyarakat Indonesia saat ini.
Berdasarkan latar belakang diatas penulis akan mengangkat judul makalah/artikel ini sebagai:
"Peranan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Dalam Mengurangi Jumlah Kemiskinan"
1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang dan judul penulisan diatas rumusan masalahnya adalah peranan lembaga sekolah keujuruan dalam memberikan pendidikan pengetahuan dan pendidikan teknologi. Yang dapat menunjang seseorang untuk memiliki keterampilan agar dapat diterima didunia kerja. Dan diharapkan kelak dapat membantu prekonomian dari keluarganya.
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari pengambilan judul tersebut adalah :
- Memberikan pengertian tentang apa itu sekolah menengah kejuruan.
- Memberikan contoh pelatihan apa saja yang diberikan oleh SMK kepada siswanya
- Memberikan pandangan sikap yang harus dimiliki dalam menanggapi teknologi yang semakin berkembang.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Ilmu pengetahuan adalah usaha sadar untuk menyelidiki dan meneliti sesuatu yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman sesorang terhadap sesuatu. Yang didasari oleh teori-teori dan penelitian-penelitian maupun pemahaman tertentu terhadap suatu bidang keilmuan.
Immanuel Kant menyatakan bahwa pengetahuan merupakan persatuan antara budi dan pengalaman, sedangkan teori Phyrro menjelaskan bahwa tidak ada kepastian dalam pengetahuan.
Dari pandagan diatas dapat disimpulkan bahwa sumber-sumber ilmu pengetahuan yaitu berdasarkan ide, kenyataan, akal budi pekerti, dan pengalaman.
Dalam perakteknya ilmu pengetahuan dibedakan antara ilmu pengetahuan murni dan ilmu pengetahuan terapan. Dalam kehidupan sehari-hari seseorang tidak akan pernah lepas dalam ilmu pengetahuan. Inilah yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lain, dimana manusia menggunakan akal dan pengetahuannya dalam kehidupan kesehari-hariannya. Contoh kecilnya adalah pengetahuan tentang menghitung yang penerapan mudahnya adalah dalam kegiatan jual-beli, dan masih banyak contoh lainnya.
Diera global saat ini ilmu pengetahuan seseorang harus lah luas atau dia akan tertinggal oleh derasnya arus perkembangan jaman saat ini. Melalui pendidikan inilah seseorang akan memiliki pengetahuan lebih yang di perlukan untuk menghadapi perkembangan saat ini. Oleh sebab itu pentingnya menggapai pendidikan setinggi mungkin bukan lah hal yang tidak diperlukan karena dengan sendirinya kita dituntut untuk memiliki suatu pengetahuan lebih. Di Indonesia sendiri tercatat jumlah buta aksara sangat tinggi, hal ini lah yang harus menjadi kepedulian bersama untuk membangun Indonesia yang lebih baik.
Sedangkan teknologi merupakan penerapan dari suatu pengetahuan yang diterapkan pada suatu seni keindustrian. Perkembangan teknologi sendiri saat ini juga semakin pesat, contoh sederhananya dapat kita lihat dengan berkembangnya alat-alat elektronik saat ini. Ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berjalan berdampingan dan semakin cepat. Contoh perkembangan teknologi saat ini adalah, seseorang lebih di tuntut untuk bisa menggunakan komputer dibanding dengan menggunakan mesin ketik manual seperti dahulu. Karena dengan menggunakan komputer beberapa pekerjaan dapat dikerjakan sekaligus sehingga mempercepat suatu proses kerja.
Dua hal diatas lah yang dituntut untuk dimiliki oleh generasi-generasi saat ini. Pendidikan dan pengetahuan teknologi yang cukup dapat membantu seseorang dalam memutari roda prekonomian saat ini.
2.2 Peranan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) merupakan sebuah lembaga pendidikan yang setara dengan SMA. dilembaga pendidikan ini siswa-siswanya dilatih untuk memiliki keterampilan bekerja dan ditujukan untuk bekerja setelah lulus nantinya. Namun bukan berarti siswa-siswa SMK tersebut tidak dapat melanjutkan pendidikannya keperguruan tinggi. Lembaga ini memberikan pelatihan teknologi dan pengetahuan umum yang pada juga digunakan pada SMA. Menurut data dikementrian pendidikan, saat ini sudah terdapat 121 bidang kejuruan yang terdapat dijenjang SMK ini. Yang secara garis besar kejuruan tersebut dikelompokan dalam beberapa bidang diantaranya :
- Teknologi dan Rekayasa
- Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Kesehatan
- Seni, Keterampilan dan Pariwisata
- Agribisnis dan Agroindustri
- Bisnis dan Managemen
Untuk saat ini perkembangan SMK ini semakin dipandang, karena kualitas pendidikannya yang mulai berkompeten dan didukung langsung oleh pemerintah sebagai salah satu jalan untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.
Selain pelatihan saat ini di SMK sendiri sudah terdapat berbagi sertifikasi kemampuan kerja, yang sangat di butuhkan untuk menunjang mereka di dunia kerja. Salah satu sertifikat yang saat ini sedang gencar-gencarnya diberikan adalah sertifikasi dari kementrian pekerjaan umum (PU).
Pelatihan-pelatihan skill yang diberikan pada pengajaran merupakan kemampuan-kemampuan dasar yang banyak digunakan didunia kerja. Pelajaran yang didapat di SMK merupakan pengetahuan kerja yang setara dengan pengetahuan kerja D1 perguruan tinggi.
Pelatihan-pelatihan skill yang diberikan pada pengajaran merupakan kemampuan-kemampuan dasar yang banyak digunakan didunia kerja. Pelajaran yang didapat di SMK merupakan pengetahuan kerja yang setara dengan pengetahuan kerja D1 perguruan tinggi.
(pelatihan mesin mobil pada jurusan teknik otomotif)
(pelatihan AutoCad pada jurusan teknik gambar bangunan)
(pelatihan penggunaan mesin pabrik pada jurusan industri)
(pelatihan membuat produk pangan pada jurusan tataboga)
(pelatihan mesin pesawat pada jurusan penerbangan)
Lembaga pendidikan dan pelatihan seperti ini lah yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini untuk membangun Indonesia yang produktif dan mengurangi jumlah kemiskinan, dengan penanaman tekat mau bekerja pada setiap siswanya. Selain itu pula peranan untuk mensosialisasikan pentingnya pengetahuan dan teknologi juga sangat diperlukan dimasyarakat luas.
BAB III
KESIMPULAN
Kesadaran akan pentingnya pendidikan dan teknologi harus kita tanamkan sejak dini pada masyarakat. Selain itu pula harus adanya penempaan mental agar masyarakat memiliki mental yang kuat dan mau bekerja juga sangat diperlukan.
Diperlukannya kualitan pendidikan yang baik dan benar merupakan tuntutan saat ini. Masih banyakn mayarakat yang tidak mampu namun ingin untuk bersekolah. Pemerintah pun harus meningkatkan mutu pendidikan dari 9 tahun pendidikan minimal menjadi 12 tahun, yang termasuk didalamnya adalah perguruan tinggi. Pendorongan dan pembangunan lembaga-lembaga keterampilan pun harus lebih giat lagi digalangkan.
Dengan kemauan dan Dorongan support pemerintah yang kuat diharapkan dapat membangun masyarakat siap untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang digalangkan tahun 2016 ini. Dimana persaingan akan semakin berat, jika Indonesia tidak siap ini akan menjadi masalah bagi Indonesia sendiri. Pengetahuna dan penguasaan teknologi harus ditingkatkan bagi masyarakat luas, untuk ekonomi dan Indonesia yang lebih baik.
Dengan kemauan dan Dorongan support pemerintah yang kuat diharapkan dapat membangun masyarakat siap untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang digalangkan tahun 2016 ini. Dimana persaingan akan semakin berat, jika Indonesia tidak siap ini akan menjadi masalah bagi Indonesia sendiri. Pengetahuna dan penguasaan teknologi harus ditingkatkan bagi masyarakat luas, untuk ekonomi dan Indonesia yang lebih baik.
0 comments:
Post a Comment